Langsung ke konten utama

Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender

Assalamualaikum wr.wb... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Tutorial  Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender dengan pewarnaan, bayangan, dan  pencahayaan..soo langsung aja yuu ikuti langkah-langkah dibawah ini :))




  • Pertama-tama kalian buka terlebih dahulu Software Blendernya (Software Blender yang saya gunakan saat ini adalah versi 2.82 atau kalian bisa mendownloadnya di https://www.blender.org/download/ )

  • Setelah Software Blender dibuka seperti ini tampilan awalnya ya

  • Kemudian hapus object cubenya dengan cara klik object cubenya --> klik kanan pada mouse --> klik delete atau bisa dengan klik object --> tekan delete pada keyboard . Lalu kita akan membuat alasnya terlebih dahulu dengan menambahkan object baru dengan cara : tekan Shift + A --> pilih “Mesh”  --> klik “Plane”.
  • Kemudian tekan S pada keyboard untuk memperbesar object plane
  •  Kemudian kita akan membuat objek Cycle nya dengan cara: tekan tombol Shift+A pada keyboard --> pilih “Mesh” --> klik “UV Sphere”.
  • Untuk menaikan posisi object cycle nya klik dan tarik panah biru ke arah atas
  •    Untuk memperhalus object cycle dapat dilakukan dengan cara : klik kanan pada mouse --> pilih “Shade Smooth”.
  • Jika object kurang halus dapat diperhalus lagi dengan cara : klik “Modifier Properties” pada toolbar sebelah kanan.
  • Kemudian pilih “Add Modifier” --> klik “Subdivision Surface”.
  •   Selanjutnya kita akan membuat lighting dengan menambahkan object plane, dengan cara : tekan tombol Shift+A pada keyboard --> pilih “Mesh” --> klik “Plane”. Kemudian naikan objek plane dengan cara klik dan tarik panah biru ke arah atas.
  • Tekan S pada keyboard untuk memperbesar object plane.
  • Ubah metode rendernya dengan cara klik object yang dilingkari merah(toolbar sebelah kanan) lalu ubah bagian “Render Engine” lalu pilih “Cycles”.
  •  Kemudian pada kolom “Device” ubah ke “GPU Compute”.
  •  Arahkan kursor mouse ke ujung kanan panel (ikuti tanda panah merah) lalu klik dan drag
Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
  •  Lalu klik “Editor Type” (ikuti tanda panah kuning) --> pilih “Shader Editor”.
  •   Klik “+ New” pada ujung kanan panel (ikuti tanda panah kuning), sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah klik object plane (yg di lingkari putih).
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu delete note yg hijau (yang dilingkari merah).
  • Kemudian kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Emission” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  • Hubungkan Emission ke Surface.
  • Untuk mengaktifkan Display Render dapat dilaukan dengan cara : Klik “Display Render Preview” (ikuti tanda panah kuning).
  • Selanjutnya kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Blackbody” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard. Hubungkan Color Blackbody ke Color Emission. 
  • Ganti range temperature Blackbody menjadi 4000.000 dan ganti juga strength Emission menjadi 7.000 (yang dikotaki merah)
  • Untuk membuat abstrak material dapat dilakukan dengan cara : klik “+ New” pada ujung kanan panel (ikuti tanda panah kuning), sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah klik object plane (yg di lingkari putih). Kemudian hapus material “Principled BSDF nya” dengan cara : tekan delete pada keyboard. 
  • Kemudian kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Glossy BSDF” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  •  Hubungkan Glossy BSDF ke Surface.
  • Turunkan Roughness nya menjadi 0.000 (seperti yang dilingkari merah).
  • Selanjutnya kita akan mengganti backgroundnya menjadi hitam dengan cara : klik pengaturan Environment (yang dilingkari merah) --> ganti warna backgroundnya menjadi warna hitam (ikuti panah kuning).
  • Kemudian kita akan mencari material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Voronoi Texture” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  • Hubungkan Color Voronoi Texture  ke Color Glossy BSDF.
  • Kita akan membuat 1 texture lagi dengan cara : tekan Shift + A --> ketikan “Mustgrave Texture” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard. Hubungkan Vector Mustgrave Texture  ke Vector Voronoi Texture.
  • Klik Render --> Render Image

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asteroid Raksasa yang Pernah Menghantam Bumi

Annyeonghaseyo... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Asteroid Raksasa yang Pernah Menghantam Bumi,, daripada penasaran soo langsung aja yuu simak penjelasan dibawah ini  Badan Antariksa Amerika (NASA) melalui NASA's Center for Near Earth Studies (NEA) menyebut bahwa sebuah asteroid seukuran bukit bakal melintasi bumi pada 29 April 2020. Asteroid itu diberi nama 1998 OR2 dan memiliki panjang mencapai 2,5 mil atau 4,1 kilometer. NASA memprediksi asteroid itu tidak akan berbahaya bagi bumi. Sebab, asteroid itu akan melewati Bumi pada jarak 4 juta mil atau 6 juta km. 1998 OR2 ditemukan pertama kali pada 24 Juli 1998. Asteroid ini merupakan bagian dari asteroid Amor, yang terletak dekat dengan bumi. Meski tidak berbahaya, ternyata ada sejumlah asteroid yang tercatat pernah menghantam bumi dan menyebabkan kerusakan cukup serius. Kawah Vredefort Kawah Vredefort adalah kawah tabrakan terbesar yang pernah ditemukan di Bumi, sebuah m...

Contoh Konflik di suatu Perusahaan atau Organisasi

KONFLIK DALAM PERUSAHAAN Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik, kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengan ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri. Ada beberapa pengertian konflik menurut beberapa ahli : 1.       Menurut Taquiri dalam Newstorm dan Davis (197 7), konflik merupakan warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku dalam berbagai keadaan akibat daripada berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan pertentangan di antara dua pihak atau lebih pihak secara berterusan. 2.      ...

Covid 19 : membangun kembali semangat toleransi manusia di indonesia

PEMERINTAH telah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional. Maka, harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional dan tentu masyarakat Indonesia.  Apalagi, dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan di luar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi.  Mari hilangkan pertikaian, politisasi, dan saling nyinyir seperti saat menghadapi konstestasi politik. Perang melawan virus corona adalah arena perjuangan kemanusiaan, bukan arena politik maupun ekonomi. Kita kecam oknum dari unsur mana pun yang menjadikan bencana Covid-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat.  Mari belaj...