Langsung ke konten utama

Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender

Assalamualaikum wr.wb... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Tutorial  Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender dengan pewarnaan, bayangan, dan  pencahayaan..soo langsung aja yuu ikuti langkah-langkah dibawah ini :))




  • Pertama-tama kalian buka terlebih dahulu Software Blendernya (Software Blender yang saya gunakan saat ini adalah versi 2.82 atau kalian bisa mendownloadnya di https://www.blender.org/download/ )

  • Setelah Software Blender dibuka seperti ini tampilan awalnya ya

  • Kemudian hapus object cubenya dengan cara klik object cubenya --> klik kanan pada mouse --> klik delete atau bisa dengan klik object --> tekan delete pada keyboard . Lalu kita akan membuat alasnya terlebih dahulu dengan menambahkan object baru dengan cara : tekan Shift + A --> pilih “Mesh”  --> klik “Plane”.
  • Kemudian tekan S pada keyboard untuk memperbesar object plane
  •  Kemudian kita akan membuat objek Cycle nya dengan cara: tekan tombol Shift+A pada keyboard --> pilih “Mesh” --> klik “UV Sphere”.
  • Untuk menaikan posisi object cycle nya klik dan tarik panah biru ke arah atas
  •    Untuk memperhalus object cycle dapat dilakukan dengan cara : klik kanan pada mouse --> pilih “Shade Smooth”.
  • Jika object kurang halus dapat diperhalus lagi dengan cara : klik “Modifier Properties” pada toolbar sebelah kanan.
  • Kemudian pilih “Add Modifier” --> klik “Subdivision Surface”.
  •   Selanjutnya kita akan membuat lighting dengan menambahkan object plane, dengan cara : tekan tombol Shift+A pada keyboard --> pilih “Mesh” --> klik “Plane”. Kemudian naikan objek plane dengan cara klik dan tarik panah biru ke arah atas.
  • Tekan S pada keyboard untuk memperbesar object plane.
  • Ubah metode rendernya dengan cara klik object yang dilingkari merah(toolbar sebelah kanan) lalu ubah bagian “Render Engine” lalu pilih “Cycles”.
  •  Kemudian pada kolom “Device” ubah ke “GPU Compute”.
  •  Arahkan kursor mouse ke ujung kanan panel (ikuti tanda panah merah) lalu klik dan drag
Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
  •  Lalu klik “Editor Type” (ikuti tanda panah kuning) --> pilih “Shader Editor”.
  •   Klik “+ New” pada ujung kanan panel (ikuti tanda panah kuning), sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah klik object plane (yg di lingkari putih).
  • Kemudian akan muncul tampilan seperti ini, lalu delete note yg hijau (yang dilingkari merah).
  • Kemudian kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Emission” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  • Hubungkan Emission ke Surface.
  • Untuk mengaktifkan Display Render dapat dilaukan dengan cara : Klik “Display Render Preview” (ikuti tanda panah kuning).
  • Selanjutnya kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Blackbody” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard. Hubungkan Color Blackbody ke Color Emission. 
  • Ganti range temperature Blackbody menjadi 4000.000 dan ganti juga strength Emission menjadi 7.000 (yang dikotaki merah)
  • Untuk membuat abstrak material dapat dilakukan dengan cara : klik “+ New” pada ujung kanan panel (ikuti tanda panah kuning), sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah klik object plane (yg di lingkari putih). Kemudian hapus material “Principled BSDF nya” dengan cara : tekan delete pada keyboard. 
  • Kemudian kita akan menambahkan material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Glossy BSDF” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  •  Hubungkan Glossy BSDF ke Surface.
  • Turunkan Roughness nya menjadi 0.000 (seperti yang dilingkari merah).
  • Selanjutnya kita akan mengganti backgroundnya menjadi hitam dengan cara : klik pengaturan Environment (yang dilingkari merah) --> ganti warna backgroundnya menjadi warna hitam (ikuti panah kuning).
  • Kemudian kita akan mencari material baru dengan cara : tekan Shift + A pada keyboard --> ketikan “Voronoi Texture” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard.
  • Hubungkan Color Voronoi Texture  ke Color Glossy BSDF.
  • Kita akan membuat 1 texture lagi dengan cara : tekan Shift + A --> ketikan “Mustgrave Texture” pada kolom search --> tekan enter pada keyboard. Hubungkan Vector Mustgrave Texture  ke Vector Voronoi Texture.
  • Klik Render --> Render Image

























Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pembangunan Lift ke Luar Angkasa Oleh Perusahaan Jepang

Annyeonghaseyo... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Pembangunan Lift ke Luar Angkasa Oleh Perusahaan Jepang.. Pasti pada penasaran kan kok bisa ada lift ke luar angkasa,,, soo langsung aja yuu simak penjelasan dibawah ini  Kelompok peneliti dari Shizouka University dan perusahaan kontraktor asal Jepang , Obayashi mulai mewujudkan impian membangun lift luar angkasa yang menghubungkan Bumi dan luar angkasa. Hal itu dibuktikan dengan melakukan uji coba terlebih dahulu. Dalam uji coba ini, perusahaan bernama Obayashi ini akan menciptakan simulasi perpindahan di luar angkasa. Untuk melakukannya, akan dua satelit mini yang dliuncurkan ke International Space Station (ISS) . Lift ini nantinya akan digunakan untuk mengangkut barang dan orang dalam kontainer.  Dua satelit kecil ini akan saling ditambatkan dengan kabel baja sepanjang 10 meter sebagai simulasi pergerakan di luar angkasa. Menurut perusahaan, ini kali pertama uji pergerakan lift di

Covid 19 : membangun kembali semangat toleransi manusia di indonesia

PEMERINTAH telah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional. Maka, harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional dan tentu masyarakat Indonesia.  Apalagi, dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan di luar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi.  Mari hilangkan pertikaian, politisasi, dan saling nyinyir seperti saat menghadapi konstestasi politik. Perang melawan virus corona adalah arena perjuangan kemanusiaan, bukan arena politik maupun ekonomi. Kita kecam oknum dari unsur mana pun yang menjadikan bencana Covid-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat.  Mari belajar dari China