Langsung ke konten utama

Siklus Pendapatan: Penjualan dan Penagihan Kas

 

A.    Siklus pendapatan

Siklus pendapatan (revenue cycle): serangkaian aktivitas bisnis dan operasi pemrosesan informasi terkait yang terus menerus dengan menyediakan barang dan jasa kepada pelanggan dan menerima kas sebagai pembayaran atas penjualan tersebut.

Tujuan utama siklus pendapatan adalah menyediakan produk yang tepat di tempat yang tepat pada saat yang tepat untuk harga yang sesuai. Untuk mencapai tujuan tersebut, manajemen harus membuat keputusan penting sebagai berikut :

·         Sampai sejauh mana produk dapat dan harus disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan individu?

·         Seberapa banyak persediaan yang harus dimiliki dan di mana persediaan tersebut harus ditempatkan?

·         Bagaimana seharusnya barang dagangan dikirim ke pelanggan? Haruskah perusahaan menjalankan fungsi pengiriman sendiri atau mengalihdayakan (outsourcing) ke pihak ketiga yang berspesialisasi dalam bidang logistik?

·         Berapakah harga optimal untuk setiap produk atau jasa?

·         Haruskah kredit diperpanjang untuk pelanggan? Jika demikian, persyaratan kredit apa yang seharusnya ditawarkan? Seberapa banyak kredit yang dapat diperpanjang untuk setiap pelanggan?

·         Bagaimana pembayaran pelanggan dapat diproses untuk memaksimalkan arus kas?

B.     Aktivitas Dasar Pada Siklus Pendapatan

Empat aktivitas dasar pada siklus pendapatan adalah sebagai berikut:

1.      Entri pesanan penjualan

2.      Pengiriman

3.      Penagihan

4.      Penerimaan kas

 

1.      Entri Pesanan Penjualan

Siklus pendapatan dimulai dengan menerima pesanan dari pelanggan. Langkah ini melibatkan semua aktifitas yang berkaitan dengan pemrosesan pesanan pelanggan.

Entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:

a. Mengambil pesanan dari pelanggan

b. Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan

c. Memeriksa ketersediaan persediaan

 

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

SIA harus menyediakan informasi operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini:

·         Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.

·         Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak

Bagaimanapun data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang menyeluruh:

·         Pemeriksaan validitas, Uji kelengkapan

·         Uji kewajaran

·         Persetujuan kredit

·         Otorisasi umum, Batas kredit

·         Otorisasi khusus:Pemeriksaan batas

Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut. Dokumen Internal yang dihasilkan oleh pesanan penjualan:

·         Pesanan penjualan

·         Slip pengepakan

·         Kartu pengambilan barang

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

·         Menentukan ketersediaan persediaan.

·         Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan.

·         Menentukan harga produk dan jasa.

·         Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi.

·         Memilih metode untuk mengirim barang.

2.      Pengiriman

Aktivitas dasar kedua dalam pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan mengirimkan barang dagangan yang diingikan tersebut. Pekerja gudang bertanggung jawab untuk memenuhi pesanan pelanggan dengan memindahkan barang dari bagian persediaan.

Proses pengiriman terdiri dari dua tahap yaitu:

·         Mengambil dan mengepak pesanan

·         Mengirim pesanan tersebut

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

Dokumen, catatan, dan prosedur:

·         Kartu pengambilan dicetak oleh bagian order penjualan untuk proses pengiriman dan digunakan untuk mengidentifikasi produk dan memindahkan dari persediaan.

·         Jumlah fisik dibandingkan dengan kuantitas pada kartu pengambilan dan slip pengepakan.

·         Beberapa tempat pemeriksaan dibuat dan dokumen pengiriman dipersiapkan.

3.      Penagihan dan Piutang Usaha

Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan adalah penagihan dan piutang usaha. Penagihan dan Piutang Usaha, melibatkan:

a.       Penagihan ke para pelanggan

b.      Menyimpan rekening pelanggan

 

Jenis sistem penagihan:

1.      Dalam sistem setelah penagihan, faktur dipersiapkan setelah confirmasi bahwa barangbarang dikirim.

2.      Dalam sistem pra penagihan, faktur dipersiapkan (tetapi tidak dikirim) sesegera pesanan disetujui.

Persediaan, piutang dagang, dan file buku besar diperbaharui pada waktu ini.

 

Metode-metode pengurusan piutang dagang:

a.       Metode faktur terbuka

b.      Metode pembayaran gabungan 

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

Contoh informasi tambahan yang seharusnya SIA sediakan:

·         Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan

·         Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan

·         Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang

·         Kepuasan pelanggan

·         Analisis pangsa pasar dan tren penjualan

·         Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan

4.      Penagihan Kas

Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas. Dua bagian yang terlibat dalam aktivitas ini adalah:

·         Kasir

·         Fungsi piutang dagang

Kebutuhan Informasi dan Prosedur

Keputusan-keputusan penting dan Kebutuhan Informasi:

1.      Pentingnya pengurangn pencurian kas.

2.      Fungsi penagihan piutang dagang seharusnya tidak mempunyai akses phisik ke kas atau cek.

3.      Fungsi piutang dagang harus mampu mengidentifikasi sumber suatu pengiriman uang dan Faktur aplikasi harus dikredit.

 

Dokumen, catatan, dan prosedur:

1.      Cek diterima dan dikirim (disimpan).

2.      Daftar pengiriman uang dipersiapkan dan dimasukkan secara on-line pelanggan, nomor faktur, dan jumlah setiap pembayaran.

3.      Sistem melakukan pengecekan secara online untuk memverifikasi keakuratan data entry

 

C.    Pengendalian: Tujuan, Ancaman, dan Prosedur

Di dalam siklus pendapatan, SIA yang didesain dengan baik harus menyediakan pengendalian yang memadai untuk memastikan bahwa tujuan-tujuan berikut ini dicapai:

1.      Semua transaksi telah diotorisasikan dengan benar.

2.      Semua transaksi yang dicatat valid (benar-benar terjadi).

3.      Semua transaksi yang valid, dan disahkan, telah dicatat.

4.      Semua transaksi dicatat dengan akurat.

5.      Aset (kas, persediaan, dan data) dijaga dari kehilangan ataupun pencurian.

6.      Aktivitas bisnis dilaksanakan secara efisien dan efektif.

 

Ancaman dan Prosedur Pengendalian Aplikasi Entri Pesanan Penjualan



Ancaman dan Prosedur Pengendalian Aplikasi Pengiriman


Ancaman dan Prosedur Pengendalian Aplikasi Penagihan dan Piutang Usaha


Ancaman dan Prosedur Pengendalian Aplikasi Penagihan Kas


Masalah-masalah Pengendalian Umum


Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan dan Model Data

SIA didesain untuk mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data kegiatan bisnis agar manajemen mendapatkan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan.

Model data REA menyediakan satu metode untuk merancang basis data yang efisien terintegrasi baik data keuangan dan operasi

 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan: Data Operasional

Data operasional dibutuhkan untuk mengawasi kinerja dan untuk melakukan tugas-tugas rutin berikut ini :

1.      Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan

2.      Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat ditambah atau tidak

3.      Menentukan ketersediaan persediaan

4.      Memilih metode untuk mengirim barang


Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan: Informasi Sekarang dan Masa Lalu

Informasi yang lampau dan yang saat ini diperlukan agar menajemen dapat membuat keputusan strategis berikut ini :

1.      Menentukan harga produk dan jasa

2.      Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi

3.      Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan

4.      Menentukan kebutuhan pinjaman jangka pendek

5.      Merencanakan kampanye pemasaran yang baru

 

Kebutuhan Informasi Siklus Pendapatan: Penilaian Kinerja

SIA juga harus menyediakan informasi yang dibutuhkan untuk mengevaluasi kinerja proses yang penting berikut ini :

1.      Waktu respons terhadap pertanyaan pelanggan

2.      Waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dan mengirim pesanan

3.      Persentase penjualan yang membutuhkan pemesanan ulang

4.      Tingkat dan tren kepuasan pelanggan

5.      Analisis pangsa pasar dan tren penjualan

6.      Analisis profitabilitas berdasarkan produk, pelanggan, dan area penjualan

7.      Volume penjualan dalam dolar dan jumlah pelanggan

8.      Keefektifan iklan dan promosi

9.      Kinerja staf penjualan

10.  Pengeluaran piutang ragu-ragu dan kebijakan kredit







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender

Assalamualaikum wr.wb... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Tutorial  Membuat Objek Cycle 3D Menggunakan Software Blender dengan pewarnaan, bayangan, dan  pencahayaan..soo langsung aja yuu ikuti langkah-langkah dibawah ini :)) Pertama-tama kalian buka terlebih dahulu Software Blendernya (Software Blender yang saya gunakan saat ini adalah versi 2.82 atau kalian bisa mendownloadnya di https://www.blender.org/download/  ) Setelah Software Blender dibuka seperti ini tampilan awalnya ya Kemudian hapus object cubenya dengan cara klik object cubenya --> klik kanan pada mouse --> klik delete atau bisa dengan klik object --> tekan delete pada keyboard . Lalu kita akan membuat alasnya terlebih dahulu dengan menambahkan object baru dengan cara : tekan Shift + A --> pilih “Mesh”  --> klik “Plane”. Kemudian tekan S pada keyboard untuk memperbesar object plane  Kemudian kita akan membuat objek Cycle nya dengan

Pembangunan Lift ke Luar Angkasa Oleh Perusahaan Jepang

Annyeonghaseyo... Welcome back to my blog Kali ini aku akan membahas tentang Pembangunan Lift ke Luar Angkasa Oleh Perusahaan Jepang.. Pasti pada penasaran kan kok bisa ada lift ke luar angkasa,,, soo langsung aja yuu simak penjelasan dibawah ini  Kelompok peneliti dari Shizouka University dan perusahaan kontraktor asal Jepang , Obayashi mulai mewujudkan impian membangun lift luar angkasa yang menghubungkan Bumi dan luar angkasa. Hal itu dibuktikan dengan melakukan uji coba terlebih dahulu. Dalam uji coba ini, perusahaan bernama Obayashi ini akan menciptakan simulasi perpindahan di luar angkasa. Untuk melakukannya, akan dua satelit mini yang dliuncurkan ke International Space Station (ISS) . Lift ini nantinya akan digunakan untuk mengangkut barang dan orang dalam kontainer.  Dua satelit kecil ini akan saling ditambatkan dengan kabel baja sepanjang 10 meter sebagai simulasi pergerakan di luar angkasa. Menurut perusahaan, ini kali pertama uji pergerakan lift di

Covid 19 : membangun kembali semangat toleransi manusia di indonesia

PEMERINTAH telah menyatakan wabah virus corona sebagai bencana nasional. Maka, harus ada upaya gotong royong, sinergi sumber daya dan strategi dari semua komponen bangsa menghadapi rasa cemas yang dirasakan masyarakat internasional dan tentu masyarakat Indonesia.  Apalagi, dari hari ke hari, jumlah kasus positif Covid-19 terus meningkat signifikan. Catatan ini telah menimbulkan kepanikan dan silang pendapat yang ditimbulkan di luar konteks penanganan virus itu sendiri, bahkan menjadi komoditas politik dan ekonomi.  Mari hilangkan pertikaian, politisasi, dan saling nyinyir seperti saat menghadapi konstestasi politik. Perang melawan virus corona adalah arena perjuangan kemanusiaan, bukan arena politik maupun ekonomi. Kita kecam oknum dari unsur mana pun yang menjadikan bencana Covid-19 sebagai komoditas politik maupun komoditas ekonomi, seperti yang dilakukan oleh oknum yang tidak memiliki empati kemanusiaan dengan memanfaatkan kepanikan masyarakat.  Mari belajar dari China